Jumat, 10 Desember 2021

Tes Kompatibilitas Aplikasi Office Gratis terhadap Microsoft Office 2013

Saya masih menggunakan Windows 7 32 Bit dan Microsoft Office 2013 di netbook Intel Celeron 877. 
Sudah sejak lama saya ingin sekali pindah ke Linux 64 Bit (Manjaro Xfce) yang jauh lebih ringan, namun karena pekerjaan saya sebagai penerjemah teks bahasa Jepang membuat saya tidak bisa move on dari Microsoft Office. Selain itu, ada tugas sekolah anak saya yang juga harus menggunakan Microsoft Office.

Untuk itu saya berusaha mencari alternatif free office application yang tersedia untuk Windows dan Linux untuk mengetes apakah aplikasi tersebut bisa menggantikan Microsoft Office.

Aplikasi pengetesan (32 Bit):
- Apache Open Office 4.1.11 

- Libre Office 7.2.4

- Only Office Desktop Editor 6.4.2

- SoftMaker Free Office 2021 rev 1040

- WPS Office 11.2.0.10382


Bahan pengetesan:
File docx yang tampilannya baik di Microsoft Office 2013, teks dalam bahasa Jepang dengan susunan halaman yang cukup rumit. Total 21 halaman.

Hasil tes:
Open Office: Tetap berjumlah 21 halaman, namun ada gambar yang hilang. Barisan kalimat, penomoran, dan posisi paragraf menjadi kacau. Langsung saya uninstall.

Libre Office: Tetap berjumlah 21 halaman, posisi semua gambar, penomoran, dan paragraf tepat. Barisan kalimat ada yang bergeser turun dan ada yang tumpang tindih dengan gambar.

Only Office: Berubah menjadi 19 halaman, beberapa gambar gagal ditampilkan, posisi paragraf dan penomoran kurang tepat. Barisan kalimat dan spasi bergeser.

Free Office: Berubah menjadi 19 halaman, semua gambar ditampilkan, posisi paragraf dan penomoran tepat. Ada spasi yang berubah dan sedikit huruf yang tumpang tindih dengan gambar.

WPS Office: Berubah menjadi 20 halaman, posisi semua gambar, penomoran, barisan dan paragraf tepat. Model penomoran berbeda. Entah kenapa Smadav Antivirus 14.7.2 memblok beberapa file saat install.

Kesimpulannya: Formatting WPS Office paling mendekati Microsoft Office 2013.
Btw, ini semua adalah hasil di Windows, bukan Linux

Tidak ada komentar:

Posting Komentar